Banner

  • Semua cheat harus dimasukkan selama bermain game normal. Untuk menemukan cheat yang Anda inginkan, dan masukkan menggunakan tombol arah. Setelah cheat yang dimasukkan, pesan 'cheat aktif' akan muncul.
  •  Suka Game terbaru GTA (Grand Theft Auto) IV....???Pertama kali memainkan game ini saya sempat bingung kenapa ga' bisa pakai stick padahal akan lebih nyaman klo pakai stick....:

Kamis, 15 Agustus 2013

CEK KAKI-KAKI SEBELUM MEMBELI MOBIL BEKAS

Untuk memutuskan membeli kendaraan atau mobil bekas bukan hanya melihat dari body kendaraan itu atau keadaan mesin saja, tetapi hal terpenting juga berasal dari kaki-kaki mobil itu sendiri yang mendukung kenyamanan anda dalam berkendara.
Seberapa pentingkah kita dalam pengecekan sebelum membeli mobil bekas?? Menurut saya sangatlah penting jika anda ingin mendapatkan mobil bekas yang bagus dan nyaman…
Ada 5 komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan saat membeli mobkas. Yaitu sokbreker, tierod/ball joint, bushing arm, bushing stabiliser, dan bearing. Tetapi yang bisa dideteksi cepat melalui tanda-tanda dan bunyi ada tiga yaitu, sokbreker, tierod/ball joint, dan bushing arm. Yang lainnya harus dicek di bengkel dengan melakukan wheel alignment atau membongkar beberapa komponen
Dalam hal ini saya membahas sedikit tentang kaki-kaki mobil yang sebaiknya menjadi pertimbangan anda jika ingin membeli mobil bekas :



SOKBREKER

Peranti ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju di berbagai kondisi jalan. Biasanya sokbreker terbuat dari baja, yang berfungsi membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil beserta muatan yang diangkut.

Bila sering melewati jalan rusak dan menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan dan kinerja sokbreker. Bila sudah rusak, mobil akan terasa limbung saat dikendarai. Gerakan bodi pun mengayun dengan redaman yang minim.

Untuk mendeteksinya, tekan bodi mobil dengan kedua tangan ke atas dan ke bawah di 4 area roda. Jika Anda mendapati bodi mengayun berlebih, artinya sokbreker tidak berfungsi menahan gerakan naik-turun bodi.

Untuk sokbreker depan, Anda bisa memutar setir untuk melihat di bodi sokbreker apakah ada oli atau tidak. Bila terdapat oli, berarti sokbreker sudah bocor dan perlu diganti.

Bila Anda diizinkan untuk test drive, lajukan mobil dengan kecepatan sedang di jalan dengan polisi tidur. Lalu rasakan apakah mobil terasa mengayun. Bodi limbung berlebih bisa dirasakan dengan menikung. Hal ini karena salah satu sokbreker ada yang aus atau bermasalah.


TIEROD DAN BALL JOINT

Tie-rod dibuat dari logam yang mempunyai fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi roda. Sedangkan ball joint untuk menopang knuckle arm. Bila komponen itu rusak, maka kenyamanan berkendara akan terganggu. Selain itu, mobil cenderung sulit dikendalikan.

Untuk mengetahui kondisi komponen tersebut, “Lihat permukaan ban mobil. Jika ada permukaan tapak ban yang aus tidak rata, bisa dipastikan salah satu tie-rod atau ball joint ada yang bermasalah. Bisa pula dites saat mobil melaju di jalan lurus, dan merasakan apakah ada getaran di setir,” jelas Wawan.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, dongkrak roda depan lalu goyangkan roda ke arah dalam dan keluar beberapa kali. Bila terasa ‘oblak’ berarti komponen tersebut bermasalah atau harus diganti.


BUSHING ARM

Komponen ini berfungsi sebagai titik tumpu antara roda dan lengan pencengkram. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi. Bila bushing arm sudah aus, tentunya akan menggangu kenyamanan, pengendalian mobil dan dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Cara mendeteksinya dengan menggoyangkan mobil seperti pada pengetesan sokbreker. Kalau muncul bunyi krek...krek, bushing arm sudah aus dan perlu diganti.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar