Untuk
memutuskan membeli kendaraan atau mobil bekas bukan hanya melihat dari body
kendaraan itu atau keadaan mesin saja, tetapi hal terpenting juga berasal dari
kaki-kaki mobil itu sendiri yang mendukung kenyamanan anda dalam berkendara.
Seberapa
pentingkah kita dalam pengecekan sebelum membeli mobil bekas?? Menurut saya
sangatlah penting jika anda ingin mendapatkan mobil bekas yang bagus dan nyaman…
Ada
5 komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan saat membeli mobkas. Yaitu
sokbreker, tierod/ball joint, bushing arm, bushing stabiliser, dan bearing.
Tetapi yang bisa dideteksi cepat melalui tanda-tanda dan bunyi ada tiga yaitu,
sokbreker, tierod/ball joint, dan bushing arm. Yang lainnya harus dicek di
bengkel dengan melakukan wheel alignment atau membongkar beberapa komponen
Dalam
hal ini saya membahas sedikit tentang kaki-kaki mobil yang sebaiknya menjadi
pertimbangan anda jika ingin membeli mobil bekas :
SOKBREKER
Peranti
ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju di berbagai kondisi
jalan. Biasanya sokbreker terbuat dari baja, yang berfungsi membantu pegas atau
per untuk menopang bobot mobil beserta muatan yang diangkut.
Bila
sering melewati jalan rusak dan menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya
tahan dan kinerja sokbreker. Bila sudah rusak, mobil akan terasa limbung saat
dikendarai. Gerakan bodi pun mengayun dengan redaman yang minim.
Untuk
mendeteksinya, tekan bodi mobil dengan kedua tangan ke atas dan ke bawah di 4
area roda. Jika Anda mendapati bodi mengayun berlebih, artinya sokbreker tidak
berfungsi menahan gerakan naik-turun bodi.
Untuk
sokbreker depan, Anda bisa memutar setir untuk melihat di bodi sokbreker apakah
ada oli atau tidak. Bila terdapat oli, berarti sokbreker sudah bocor dan perlu
diganti.
Bila
Anda diizinkan untuk test drive, lajukan mobil dengan kecepatan sedang di jalan
dengan polisi tidur. Lalu rasakan apakah mobil terasa mengayun. Bodi limbung
berlebih bisa dirasakan dengan menikung. Hal ini karena salah satu sokbreker
ada yang aus atau bermasalah.
TIEROD
DAN BALL JOINT
Tie-rod
dibuat dari logam yang mempunyai fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi roda.
Sedangkan ball joint untuk menopang knuckle arm. Bila komponen itu rusak, maka
kenyamanan berkendara akan terganggu. Selain itu, mobil cenderung sulit
dikendalikan.
Untuk
mengetahui kondisi komponen tersebut, “Lihat permukaan ban mobil. Jika ada
permukaan tapak ban yang aus tidak rata, bisa dipastikan salah satu tie-rod
atau ball joint ada yang bermasalah. Bisa pula dites saat mobil melaju di jalan
lurus, dan merasakan apakah ada getaran di setir,” jelas Wawan.
Untuk
mengetahui lebih dalam lagi, dongkrak roda depan lalu goyangkan roda ke arah
dalam dan keluar beberapa kali. Bila terasa ‘oblak’ berarti komponen tersebut
bermasalah atau harus diganti.
BUSHING
ARM
Komponen
ini berfungsi sebagai titik tumpu antara roda dan lengan pencengkram. Bushing
bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi. Bila bushing
arm sudah aus, tentunya akan menggangu kenyamanan, pengendalian mobil dan dapat
membahayakan keselamatan pengendara.
Cara
mendeteksinya dengan menggoyangkan mobil seperti pada pengetesan sokbreker.
Kalau muncul bunyi krek...krek, bushing arm sudah aus dan perlu diganti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar